Penyebab Diabetes " 5 P ''

Gejala klasik penyakit diabetes melitus dikenal dengan istilah trio-P, yaitu meliputi Poliuri (banyak kencing), Polidipsi (banyak minum), dan Poliphogi (banyak makan).

1. Poliuri (banyak kencing), merupakan gejala umum pada penderita DM. Biasanya banyaknya air kencing ini disebabkan  gula dalam darah (glukosa) yang terlalu banyak, sehingga akan membuat tubuh  harus segera mengeluarkan kelebihan gula tersebut melalui ginjal bersama urine (air kencing). Gejala ini terutama muncul pada malam hari, yaitu saat kadar gula dalam darah relatif lebih tinggi daripada malam hari.
2. Polidipsi (banyak minum), merupakan akibat reaksi tubuh karena banyak mengeluarkan urine. Gejala ini sebenarnya merupakan usaha tubuh untuk menghindari kekurangan cairan (dehidrasi). Oleh karena tubuh banyak mengeluarkan air (dalam bentuk urine), secara otomatis menimbulkan rasa haus untuk mengganti cairan yang keluar. Selama kadar gula dalam darah belum terkontrol balk, akan timbul terus keinginan untuk terus-menerus minum. Sebaliknya minum yang banyak akan terus menimbulkan keinginan untuk selalu kencing. Dua hal ini merupakan serangkaian sebab akibat yang akan terus terjadi selagi tubuh belum dapat mengendalikan kadar gula dalam darahnya.
3. Poliphagi (banyak makan), merupakan gejala lain yang dapat diamati. Terjadinya gejala ini, disebabkan oleh berkurangnya cadangan gula dalam tubuh meskipun kadar gula dalam darah tinggi. Oleh karena ketidakmampuan insulin dalam menyalurkan gula sebagai sumber tenaga dalam tubuh, membuat tubuh merasa lemas seperti kurang tenaga.
4.Pruritus didefinisikan sebagai sensasi tidak nyaman pada kulit yang menimbulkan keinginan untuk menggaruk daerah tertentu untuk mendapatkan kelegaan. Pruritus bersinonim dengan gatal, dan memiliki prevalensi yang meningkat pada orang tua.
5.  Parestesia adalah sensasi abnormal berupa kesemutan, tertusuk,mati rasa.biasanya hal ini menjadi gejala munculnya diabetes

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PEMERIKSAAN MIKROSKOPIS URIN

JENIS-JENIS OBAT NARKOBA,PSIKOTROPIKA,DAN OBAT WAJIB APOTEK